Penerapan 8 SNP

PENERAPAN 8 STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (SNP)
NO
JENIS
SUDAH DILAKSANAKAN
AKAN DILAKSANAKAN
1
Standar Isi 1.Pelaksanaan Kurikulum yang disempurnakan (Kurikulum 2013)
2.  Melibatkan TIM PenyusunKurikulum 2013.
3.Pengaturan beban belajar..
4.Penentuan KKM.
5.Penyusunan Kalender Pendidikan.
6.Mata Pelajaran Muatan Lokal
7.Kegiatan Ekstrakurikuler
8.Pengembangan Silabus dan RPP
1.Program Pengembangan diri dalam bentuk kegiatan konseling.
2.Aspek penentuan KKM.
3.sikotest Pra - UN.
4. EDUTRIP.
5. Homestay
2
Standar Proses 1.Dua belas mata pelajaran memiliki RPP.
2.Bebanmengajar guru 24 jam
3.Pelaksanaan pembelajaran sesuai langkah-langkah pembelajaran.
4.Supervisi kelas/Akademik.
5.Memberi kesempatan guru untuk ikut pelatihan
1.Dua belas Mata Pelajaran.
2.Pengadaan buku teks siswa belum sebanding.
3.Menggunakan buku sumber di perpustakaan.
4.Evaluasi guru dalam proses pembalajaran
3
Standar Kompetensi Lulusan 1.Siswa Lulus diatas KKM.
2.Ketersediaan bahan ajar.
3.Penggunaan Lab. Komputerdan IPA
4.Penegakan tata tertib sekolah
5.Peringatan hari besar keagamaan dan hari besar nasional
6.Pembiasaan Hidup Bersih dan sehat
7.Shalat Dhuha
8.Ibadah sholat berjamaah
9.. Latihan Musik
1.Majalah dinding

2.Penulisan karya tulis siswa.
3.Mengikuti lomba ketrampilan berhitung dan menulis.
4.Guru yang sudah berijazah S1 didorong untuk melanjutkan study ke S2
4
Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan
1.Pendidik latar belakang S1
2.Latar belakang pendidik sesuai dengan matapelajaran yang diajarkan (FKIP).
3.Guru memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, manajerial, supervisi
4.Guru memiliki SK pengangkatan GTT dan GTY
5.Kepala sekolah pendidikan terakhir S1
6.Rata-rata kehadiran guru dalamsatu semester 99%
7.Kelulusan siswa tiap tahun 100%
1.Guru yang sudah S1 melanjutkan kejenjang S2
2.Merencanakan program supervisiakademiksecara continue
3. Memaksimalkantenagaperpustakaandari guru mapel.
5
Standar Sarana dan prasarana
1.Sekolah berada dilokasi yang aman
2.Lokasi sekolah sesuai dengan peruntukan, memiliki status hak tanah.
3.Bangunan memenuhi ketentuan luas minimum sesuai dengan rasio jumlah siswa.
4.Struktur bangunan stabil dan kokoh.
5.Sekolah memiliki sanitasi didalam dan diluar yang dapat memenuhi kebutuhan..
6.Bangunan sekolah memiliki ventilasi udara yang cukup.
7.Instalasi listrik 2500 watt.
8.Pemeliharaan sekolah dilakukan secara berkala.
9.TersediaWifi.
10.Memiliki sarana olah raga, alat musik untuk siswa, pengeras suara dan tape recorder.
11.Sekolah memiliki sarana ruang kelas, perpustakaan, guru, tempat ibadah, UKS, jamban/WC, gudang, Lab. Komputer siswa.
12.Ruang kelas sesuai dengan jumlah kelas.
1.Memiliki ruang Laboratorium IPA.
2.Sarana kelas perlu dilengkapi (papan pajangan, rak hasil karya siswa).
3.Mengusahakan untuk buku pendamping Kurikulum 2013.
4.Melengkapi sarana ruang perpustakaan.
6
Standar Pengelolaan
1.Sekolah memiliki visi dan misi.
2.Perumusan visi dan misi ditetapkan melalui keputusan bersama.
3.Sekolah memiliki tujuan lembaga, rencana kerja jangka menengah, rencana kerja jangka tahunan.
4.Sekolah memiliki struktur organisasi.
5.Sekolah memiliki pedoman dan pengelolaan sekolah secara tertulis.
6.Sekolah melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler dan pembinaan prestasi.
7.Sekolah melakukan pengembangan kurikulum.
8.Sekolah mendayagunakan pendidik dan tenagakependidikan sesuai dengan bidang tugas.
9.Pengelolaan pembiayaan pendidikan dilakukan pembukuan yang teratur.
10.Evaluasi kinerja pendidik secara periodik
11. .......................
1.Memberdayakan terhadap alumni.
2.Pemberdayaan bimbingan dan layanan.
3.Merencanakan memberikan penghargaan bagi guru yang berprestasi.
4.Merencanakan penggalian sumber dana peran serta masyarakat.
5.Mendorong guru untuk meningkatkan pengetahuan tentang Teknologi Informatika (TI)
7
Standar Pembiayaan
1.Kerjasama denga nwali murid dalam pengadaan sarana dan prasarana.
2.Sekolah menganggarkan biaya untuk pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan, honor dan gaji guru.
3.Sekolah menganggarkan untuk kegiatan pembelajaran, kesiswaan dan pengadaan ATK.
4.Sekolah memungut biaya pendidikan 100% dari jumlah siswa
5.Pengelolaan keuangan sekolah secara sistematis, transparan, efisien dan akuntabel.
1.Peningkatan honor atau gaji guru
2.Mendorong guru untuk menyusun modul pembelajaran.
3. Sekolah mengusahakan biaya bagi siswa tidak mampu dan berprestasi.
8
Penilaian Pendidikan
1.Guru membagikan hasil belajar siswa setiap akhir semester.
2.Teknik penilaian meliputi : tes tertulis, lisan, sikap, tugas, dan portofolio.
3.Sekolah mengkoordinasikan ulangan tengah semester, ulangan akhir semester dan ulangan kenaikan kelas, dengan membentuk panitia.
4.Menentukan kenaikan kelas dan kelulusan proses rapat bersama.
5.Rata-rata kelulusan diatas KKM
6.Sekolah menyerahkan SKHU UASBN dan ijazah kepada setiap siswa yang telah lulus.
1.Program remidi dan pengayaan dibuat secara teratur.
2.Setiap tahun dilakukan peningkatan KKM.


Updated : 01/2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar